Senin, 23 April 2012

MENGUAK RAHASIA DIBALIK IP SEMPURNA


Final Test perdana untuk mahasiswa angkatan 2011 telah selesai dilaksanakan. Mahasiswa – mahasiswa Fakultas Ekonomi UNLAM dengan harap menunggu nilai – nilai yang diumumkan di papan mading. Siapa yang tidak ingin menjadi yang terdepan, tentu dengan nilai yang memuaskan pula. Beberapa dari mereka mengeluh dengan nilai yang diraih, namun tidak seperti dua mahasiswi Akuntansi 2011 ini. Astia Putriana dan Wia Rizqi Amalia, ke dua perempuan ini berhasil menyabet nilai sempurna dengan IP 4. Keduanya dengan membanggakan memborong nilai A dari 7 mata kuliah yang diambil.
“Alhamdulillah seperti mimpi” ucap Wia kepada kru jurnal kampus. “Tidak terbayang mendapat IP sempurna, malah banyak ngebayangin hal yang buruk dengan nilai” tambahnya. Keduannya mengatakan tidak ada kiat – kiat khusus dalam meraih nilai sempurna, belajar dengan giat itulah kuncinya. “Lebih kebelajar kelompok , santai tapi serius dan paham. Satu lagi , jangan sungkan nanya hal yg tidak dimengerti ke dosen, meskipun diluar perkuliahan”, jelas Astia dengan mantap. Senada dengan Astia, Wia mengungkapkan bahwa keoptimisan dan belajar merupakan kunci kesuksesannya.
Menjawab pertanyaan nakal dari kru jurnal kampus mengenai contek – menyontek, Astia langsung menyanggah “Tidak ada  sama sekali terpikir untuk hal yang curang, berusaha sendiri menjawab meskipun ada yang tidak bisa, lebih penting kejujuran” ungkapnya. Sebaliknya dengan Wia, mahasiswi yang dikenal ramah ini dengan jujur mengatakan bahwa dia sempat terpikir untuk  membuat contekan kecil untuk final tapi niat itu urung dia lakukan melihat materi ajaran yang terlalu banyak.
Keduanya berharap bisa mempertahankan IP yang telah diraih untuk semester kedepannya. Namun kata Wia sebenarnya IP tinggi bukanlah hal yang menjamin untuk masa depan, karena didunia kerja, perusahaan/institusi tidak terlalu memperhatikan ke nilai namun lebih kepada prospek kinerja. Berlawanan dengan Wia, Astia lebih berpendapat bahwa IPK tinggi lebih berpengaruh.Iya pasti mempengaruhi. Karena banyak perusahaan yang menyaratkan IP yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin tinggi IP semakin besar kesempatan kita mendapatkan pekerjaan yang kita hendaki. Biasanya kan sebelum diwisuda byk perusahaan yang melist dahulu mahasiswa mana yg lulus dengan IP yang memuaskan, mereka akan menghubunginya untuk ditarik bekerja di perusahaannya” (Yeni Fitria_LPM JK FE Unlam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar