Sabtu, 03 September 2011

Sinopsis love in B minor

I.                    Identitas Buku
Judul Buku: LoVE iN B MiNoR
Penulis: Anindita
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kota: Jakarta
Tanggal terbit: Desember 2009
Jumlah halaman: 224
Desain Cover: Soft Cover
Kategori: Remaja Umum
Text Bahasa: Indonesia

II.                  Pengantar
a.       Latar Belakang penulis  
Anindita yang lebih memilih untuk di panggil Anin ini, mempunyai hobi menulis, dia mengaku suka menulis apa saja..dari cerita konyol, romantis bahkan kata-kata yang ga penting sekalipun. Gadis yang menyukai tanaman ini, sudah membuahkan 2 novel menariknya..yang pertama berjudul  R ‘n B: Love in The Jungle dan di susul oleh buku ke duanya Love in B minor ini.

b.      Perbandingan karya-karya penulis
Novel Love in B minor ini merupakan the next cerita dari Rega dan Bimi sebelumnya di novel R ‘n B: Love in The Junggle, kalo di novel pertama sang penulis lebih mencondongkan cerita konyol atau humornya sekarang di novel yang bercover jingga ini Anin lebih menonjolkan konflik batin dan lingkungan yang di hadapi sang pemeran utama Bimi. Di sini juga di lahirkan sosok pangeran selain Rega yang berhasil merebut separuh hati Bimi yaitu guru Les musiknya bernama ka Dae.

c.       Tema yang di sampaikan
Kesetiaan seorang kekasih, baik dari pihak pemeran cewek maupun cowoknya. Ketulusan rasa sayang yang di curahkan Rega hanya dan untuk Bimi seorang, padahal Rega bisa dengan mudah menghianati Bimi karna Rega punya segalanya sebagai cowok perfect tapi dia hanya memandang Bimilah yang berhak di cintai dan mencintainya. Dan sekarang ketulusan dan kesetiaan Bimi lah yang di uji dalam novel ini.

d.      Sinopsis cerita
Bimi anak kelas XII SMA Jakarta yang mempunyai pacar selebriti dan digandrungi hampir seluruh rakyat cewek Indonesia ini akhirnya merasakan apa yang namanya sakit hati. Setelah kepergian Rega ke Bandung untuk syuting video klip, Bimi tidak pernah ketemu lagi dengan cowoknya itu. Rega mengalami kecelakaan, ledakan di SPBU yang mengharuskan dirinya di rawat dan tidak diperbolehkan untuk bertemu pacar yang sangat di kasihinya itu. Rega mesti di pindah rawatkan ke Singapure, sehingga membuat Bimi tak dapat berbuat apa2 untuk mengetahui kabar kekasihnya.
Bermacam cara sudah di tempuh Bimi, dari mendatangi kediaman sang manager Rega, hingga mnegirimkan beribu2 sms, telpon bahkan email yang tak satupun di bales Rega. Semua malah terasa berat karna masalah demi masalah yang datang di kehidupan Bimi, dari pemberitaan infotaiment tentang perselingkuhan Rega dan artis terkenal Luve yang kabarnya sering bertemu dengan Rega di Singapure, belum lagi celotehan celotahan negatif dari Monit and D’girls termasuk mantan sahabatnya Cessy.
Bimi bingung dengan keadaan percintaannya sekarang, Bimi merasa sudah sangat lelah dengan hatinya yang terus menerus memikirkan Rega yang tak kunjung kedengaran kehidupannya. Akhirnya atas saran kaka2nya, Bimi mengikuti les musik untuk mengalihkan sedikit fokus perhatiaanya dari Rega. Dan di sini Bimi malah bertemu kak Dae guru musiknya yang menawan, dan pesona sang guru mampu membuat Bimi takluk dan mengakui juga dalam hatinya kalau dia memang merasa hatinya telah di rampok kak Dea yang secara kebetulan teman dekat kakanya. Semakin sering pertemuan Bimi dan kak Dae semakin membuat Bimi mulai melupakan Rega. Kedekatan Bimi terhenti setelah berita kemunculan sang pemilik hati dominan *Rega, membuat Bimi bimbang siapa sebenarnya yang mesti dia tinggalkan. Bimi ragu untuk menerima Rega kembali, takut kalau kalau Rega berubah menjadi kaodok buruk rupa akibat luka ledakan yang di alaminya. Namun ternyata hal itu tidaklah benar, Rega masih Rega yang dulu..Rega yang manis yang berwajah keren idaman banyak perempuan, ternyata ledakan itu tidak membuat wajah Rega seperti yang di bayangkan Bimi, Rega hanya perlu kepercayaan diri dan dukungan dari Bimi untuk memulihkn mentalnya.
Bimi akhirnya lega dengan fakta baik yang di dapatinya, namun hal itu tak lantas membuatnya yakin kalau kak Dae memang pantas untuk tak diharapkan lagi. Di malam pesta penampilan The Chord band kakanya Bimi dan termasuk juga di dalamnya kak Dae, Bimi juga dengan ketidak tahuannya di ajak Rega untuk menghandirinya, padahal Bimi menghindari pertemuan langsung Rega dan kak Dae, Bimi tak mau Kak Dae tahu kalau dia mempunyai Rega, dan juga tak mau Rega mengetahui sedikit keterpikatannya terhadap kak Dae. Namun ternyata itu malah terjadi, mereka bertemu di akhir pesta, kakaknya Bimi memperkenalkan Rega sebagai kebanggaan yang akan menjadi calon menantunya kelak terhadap kak Dae juga tentunya. Setelah acara itu Bimi mulai membanding2 kak Dae dan Rega, akhirnya Bimi dengan yakin menegaskan hatinya bahwa Rega memang sesosok yang pantas untuk di pertahankan karna ketulusan hati Rega yang menerima Bimi dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

III.                Kekurangan/kelebihan
Penggunaan bahasa baik, bahasa santai dan bahasa resmi yang berpadu saling melengkapi. Alur cerita yang saya sukai,konflik cerita di paparkan di bagian awal, membuat pembaca merasa penasaran ingin mengetahui lebih ceritanya. Kekurangan yang menurut saya sederhana, kertas yang di gunakan menggunakan kertas buram, sedikit mengurangi kemenarikan buku. Tapi mungkin ini untuk mereduce problem global warming *hhehe.
Pesan moral:
·  Tabah dan sabarlah dalam menghadapi semua masalah, Tuhan tak memberikan cobaan di luar batas umatnya.
·     Jangan memandang orang dari penampilannya, tapi pandanglah dia dari hatinya.
·         Tetaplah menjaga hati selama masih terikat hubungan dengan seseorang.
·         Perbuatan baik tentu membuahkan hasil
·     Jangan membalas perlakuan kasar seseorang dengan kekasaran juga, balas lah dengan senyum dan kebaikan
·         Menghindar dari masalah tidaklah menyelesaikan masalah.

IV.                Penutup
Buat yang lagi pacaran, sebaiknya baca nih novel. Hhehe *promosi dikit. Menginspirasikan loh jalan ceritanya, semoga aja abis yang baca jadi berubah tulus dan setia ama pacarnya hhe*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar