Sabtu, 03 September 2011

Sinopsis Toiletmate

        I.            Identitas Buku
Judul Buku: Toiletmate – Cewek gokil cari cinta
Penulis: Rezki Dayan
Penerbit: Three Publishing
Kota: Bandung
Tanggal terbit: Cetakan I, Juni 2009
Jumlah Halaman: 168
Desain Cover: Soft cover
Kategori: Remaja Umum
Text Bahasa: Indonesia

      II.            Pengantar
a.       Latar belakang penulis
Rezki Dayan lahir di Jakarta, 22 Juni 1973. Lelaki yang baru 2 tahun menyadari kemampuannya menulis cerita ini mempunyai prinsip “Gw butuh kritikan, kalo pun ada pujian....gw gak butuh, karna gw masih belajar...”.  Dayan merasa kritikan adalah motivasi untuk  lebih maju dalam menulis.

b.      Perbandingan karya-karya penulis
Rezki Dayan adalah penulis pemula yang baru menelurkan 1 novel yang menarik berjudul Toiletmate ini. Walaupun novel ini tidak bestseller, namun ceritanya cukup mengundang untuk di jadikan bahan bacaan. Seperti kebanyakan novel remaja lainnya, Toiletmate ini menceritakan kisah percintaan, namun novel ini tidak terlalu mengulas kisah romantik sepasang kekasih, melainkan kisah seorang gadis yang berusaha mencari jodohnya.

c.       Tema yang disampaikan
Tema perjalanan hidup seorang gadis yang menginginkan mendapat lelaki yang sesuai kriterianya, dan berakhir dengan lelaki sepadan yang di impikannya. Selain kisah cintanya, novel ini juga menyajikan kisah persahabatan yang tetap berjaya sampai kapanpun.

d.      Sinopsis cerita
Novel Toiletmate berisi 15 bab yang juga masih terdiri dari subsub bab cerita.
Lala yang mempunyai pribadi sedikit tomboy dan hobby mejeng di kamar mandi ini mempunyai 2 sahabat cewek yang lengket, Lulut dan Lona. Lulut sekelas dengan lala, sedangkan Lona yang pintar ini terpisah kelas dengan mereka.
Semua berawal dari Lala yang kebelet pup, dan terpaksa masuk ke toilet cowok karna toilet cewek yang sedang di renovasi..saat Lala sedang asyik ngeden tiba2 dari arah luar pintu toilet di gedor dengan keras oleh seorang lelaki yang tergambar dari suaranya. Lelaki itu menginginkan kamar toilet yang telah di beli Lala terlebih dahulu. Namun lelaki itu tak menampakkan batang hidungnya setelah Lala keluar toilet.
Kisah pencarian cinta sejati lala di mulai dari seorang lelaku yang bernama Roni, teman sekaligus musuh Lala selagi SMP, Roni pindah ke kelas Lala konon kata gosip untuk mendekati Lala sekaligus memohon maaf atas prilakunya saat SMP. Setelah beberapa saat Lala akhirnya jadian dengan Roni, hari-hari di laluinya bersama namun seketika membuat sahabatnya merasa di nomor 2 kan karna sikap Lala yang selalu nempel dengan Roni. Lulut dengan mendadak mengungumkan kabar kepindahan sekolahnya ke Singapure, dia beralasan Ayahnya pindah dinas ke sana namun sebenarnya Lulut berbohong karna alasan sebenarnya iyalah rasa cemburunya kepada Lala, diam2 Lulut memiliki rasa yang dalam ke Roni, Lulut tidak ingin melihat kemesraan mereka setiap hari karna tentu akan mengiris2 hatinya.
Untuk kesekian kalinya Lala duduk di Toilet cowok yang pernah membuatnya merinding karna gendoran keras seorang lelaki yang tak berwujud itu, Lala mencoba bicara dengan lelaki itu, dan ternyata lelaki itu adalah roh Rama yang sedang terkulai koma di Rumah Sakit karna penyakit hepatitis B kronis. Akhirnya lala dan Rama sering bertemu di toilet sekedar untuk bercerita2. Dan atas jasa Rama, Lala mengetahui alasan utama Lulut pindah sekolah. Dan keterungkapan itu akhirnya Roni sekarang berpindah kepemilikan menjadi punya Lulut.
Atas saran Rama untuk mencari pacar yang sejalan dengan lala, akhirnya Lala berpikiran bahwa lelaki yang pernah di temuinya di WC bernama Atar adalah jodohnya. Atar mengajak Lala ke suatu tempat di belakang wilayah sekolah, ternyata mereka ke pemakaman temannya Atar yang bernama Ramadhan, dan selidik punya selidik itu adalah Rama teman tak terlihatnya Lala di Toilet. Pada suatu ketika, Lala melihat Atar sedang bertemu dengan seniornya yang bernama Nuray dan ternyata merupakan pacar Atar. Ini kesekian kalinya Lala salah mengira perasaan orang, ia berharap akan menemukan yang tepat setelah ini.
Lala mengajak Lulut untuk mendaftar universitas2 untuk mereka berdua, di salah satu universitas swasta Lala bertemu dengan cleaning service yang pernah bertemu dengannya bernama Fariz. Akhirnya Lala dan Lulut resmi menjadi mahasiswa Bumi Nusantara, dan mereka bertiga akhirnya akrab dan sering bertemu. Di suatu saat, Lona minta di ajak untuk ke kampus Lala, di kesempatan kali itu mas Fariz juga bertemu dengan Lona, mereka saling suka dan dekat untuk waktu yang sedikit. Lona meninggal setelah kecelakaan menimpanya saat semobil dengan Fariz.
Setelah kepergian Lona, Lala dekat dengan dosen kuliahnya yang juga merupakan kaka dari Rama, ternyata maksud Rama mendekati Lala bukan tanpa maksud, Rama ingin mengenal lebih jauh jodoh kakanya ini, yang sudah di ketahui lama oleh Rama. Rama telah membimbing Lala untuk menempuhkan takdir jodohnya. Dan Rama pun telah membimbing kakanya mas Dudi untuk mengetahui kalo Lala memang jodoh buatnya. Di hari penyelenggaran acara amal di kampus mereka, Mas Dudi memberikan hadiah suprise berupa pernyataan cinta yang telah di rencanakannya dengan menghadirkan mamah dari Mas Dudi dan Lala di tengah2 lapangan, di saksiskan oleh mahasiswa2 Bumi Nusantara Mas Dudi mengatakan “will u marry me?” di moment yang tak terlupakan itu juga hadir 2 sahabat Lala, Rama dan Lona memberikan senyuman bahagia atas hari jadinya sahabat mereka itu.

    III.            Kekurangan/Kelebihan
Bahasa yang di gunakan cukup baik, penulis bisa menempatkan bhasa yang semestinya dalam novel, saat di percakapan bahasa yang di gunakan adalah bahasa Indonesia Gaul sehingga membuat pembaca merasa nyaman dan terbawa dalam cerita. Sedangkan bahasa saat si pencerita/penulis berbicara memakai bahasa resmi, membuat pembaca merasa di dongeng-dongengkan ketika membacanya.
Pesan moral dari novel ini:
·         Persahabatan adalah segalanya
·         Berkata terus terang adalah jalan yang sangat terbaik, karna kebohongan akan membuahkan  kesakithatian
·         Setiap keinginan tentu mesti di capai dengan kerja keras, begitu pun dalam mencari jodoh.
·         Kegagalan bukan seharusnya menjadi keputus asaan, karna Allah telah menyiapkan jalan untuk setiap umatnya

    IV.            Penutup
Membaca novel ini mengajarkan pada kita arti kesabaran, kegagalan dalam perjalanan cinta merupakan proses pendewasaan yang kan membuahkan hasil. Percaya pada yang di atas tentang takdir yang telah di tetapkan. Silahkan baca sendiri novel ini, pelajari perjalanan hidup Lala dalam mencari jodoh setianya.


1 komentar:

  1. Terima kasih, Yenny Fitria. Apresiasi kamu membuat saya semangat untuk membuat cerita-cerita yang lain.

    Rezki Dayan

    BalasHapus